PT. Sumatera Guard Service, Medan – Salah satu ancaman paling besar dari bisnis retail seperti supermarket adalah Shoplifter atau biasa kita sebut dengan pengutilan. Team Pengamanan Giant Ekspress yang melaksanakan tugas pengamanan di Giant Ekspress Kampung Lalang Medan pada Jumat 18 Mei 2018 lalu berhasil menangkap satu orang pelaku pengutilan.

Firman Satpam SGS gagalkan Aksi Pengutilan di Supermarket Medan

Pelaku yang berinisial ZMS mendatangi Giant sekitar pukul 14.13 Wib dengan menggunakan sebuah mobil Nissan Juke dengan Plat Nomer BK 1109 OC. Pelaku dalam melakukan aksinya tersebut bermain single dengan mengenakan pakaian yang tidak wajar yakni dengan size yang lebih besar dari badan ZMS tersebut. Hal ini menimbulkan kecurigaan salah satu karyawan Rasidin Pangaribuan karena pelaku menggunakan celana yang besar dan dibagian bawahnya seperti di jahit sehingga lebih ketat.

Menurut pengakuan, celana tersebut sengaja di buat untuk dapat menampung barang-barang yang diambil pelaku cukup banyak. Atas kecurigaannya tersebut Rasidin menyampaikan kepada Firman Satpam yang bertugas saat itu di Giant Ekspress Kampung Lalang.

Selanjutnya Firman membuntuti pelaku dan mengamati secara detail apa saja yang diambil oleh pelaku dan dimasukkan dalam celana yang sudah didesign sedemikan rupa tersebut. Dari pengamatan yang dilakukan terlihat oleh Firman si pelaku mengambil beberapa barang seperti beberapa botol madu serta beberapa barang lain yang gampang dimasukkan dalam kantong celana tersebut.

Karena yakin bahwa apa yang dilakukan si pelaku ZMS tersebut adalah pengutilan barang maka Firman langsung berpikir cepat untuk melakukan aksi penangkapan terhadap pelaku. Akhirnya pelaku dapat ditangkap ketika hendak masuk ke dalam mobilnya di area parkir.

Inilah Pelaku Pengutilan di Supermarket Medan yang berhasil digagalakan Security SGS

“Kami sengaja tangkap pelaku di area parkir dengan meminta bukti struk pembelian dan pelaku tidak bisa menunjukkan struk pembelian seperti barang yang dimasukkan dalam mobilnya” ujar Firman Satpam yang betugas.

Pelaku ZMS akhirnya tidak bisa berkata dan berkelit karena di saat memasukkan barang hasil mengutilnya ke mobil dan tidak bisa menunjukkan struk yang benar. Akhirnya ZMS digelandang menuju ke Pos Keamanan untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Dari hasil keterangan yang diperoleh, pelaku telah beberapa kali melakukan pengutilan bahkan di beberapa supermarket lain yang ada di Kota Medan.

Manager Store Giant Kampung Lalang mengucapkan terima kasih atas kinerja yang telah dilakukan oleh team di lapangan. Tak luput Firman si Satpam yang telah membekuk si pelaku pengutlian mendapat ucapan terima kasih atas hal yang telah dilakukan.

Hendri Saputra selaku Head Operasional menyampaikan penghargaan yang tinggi atas apa yang dilakukan Firman, anak buahnya. “Saya sangat berterima kasih dan mengapresiasi kinerja Firman dengan berhasil menangkap pelaku pengutilan di Giant, saya akan ajukan untuk mendapat penghargaan dari Managemen kita” tegasnya saat dimintai keterangan.

Dwifung selaku Direktur Utama juga mengapresiasi aksi Firman dalam menangkap pelaku Shoplifter tersebut. “Apa yang dilakukan Firman merupakan sebuah prestasi yang membanggakan karena mampu menjalankan tugas dengan baik” ungkap Dwifung. ( ry )


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *